Selasa, 04 Juni 2019

30 HRDC day 30: WAWANCARA Tentang WC 30 HRDC

Assalamualaikum gaess.
Hai gaes bagaimana persiapan lebaran besok? Sudah siapkah? Alhamdulillah sebulan sudah terlalu bersama bulan nan suci. Pun akan bersedih sebab bulan Ramadhan akan berlalu. Tapi jangan bersedih dulu, mari perbanyak do'a, semoga tahun depan umur kita masih melekat, dan kita kembali bertemu dengan bulan penuh berkah ini.

Sesuai dengan judul di atas, maka hari ini waktunya saya melakukan wawancara pada seorang ibu yang masih muda, baru umur 27 tahun, anaknya satu, suaminya juga satu. Ibu yang satu ini masih labil sebenarnya, masih gampang terombang ambing. Namun demi kestabilan hidupnya, ada sesuatu hal penting yang ia lakukan, di bulan Ramadhan tahun ini. Mau tahu bagaimana Ibu labil ini berjuang? Nah, berikut wawancara lengkap saya.
S (saya): Assalamualaikum, Bu.

B (Ibu tersebut): Wa'alaikumussalam wr.wb. 

S: Bagaimana kabarnya, Bu?

B: Alhamdulillah sehat wal Afiat. Sesehat badan saya yang makin berlemak. Eh bukan sehat itu mah ya? Hehehe.

S: Ah Ibu bisa saja. Lagi ngga sibuk ya, Bu?

B: Sibuk tidaknya lihat nanti, pas adek bangun. Doi sekarang masih tidur, jadi masih lapanglah. Ada apa ya? Mau nganterin kiriman baju lebaran?

S: WAduh si Ibu bisa saja. Ini malah mau minta THR buat beli baju lebaran sama ibu.

B: Waduh, hahahaha.

S: Kita mulai saja wawancaranya ya Bu? Biar selesai cepat.

B: Bismillahirrahmanirrahim (grogi).

S: Tenang Bu, pertanyaanya ngga sesusah tes CPNS kemarin kok. (Saya mencoba mencairkan suasana) 

B: Saya bukan grogi karena pertanyaannya, ini grogi jangan sampai belum mulai bertanya, adek sudah bangun saja.

S: Ha-ha-ha... Ibu bisa saja. Baiklah,
pertanyaan pertama, Bagaimana Ramadhan tahun ini, ada yang beda ngga sama Ramadhan tahun sebelumnya?

B: Wah, beda banget. Tahun lalu itu saya masih pacaran sama suami, pengantin baru. Kalau sekarang masih pengantin baru tapi sudah ada si kecil nengahin. 

S: Berbeda banget ya Bu?
B: Banget.
S: Apa lagi yang beda?

B: Hmmm... Oh iya, tahun ini saya pengen mulai latihan menulis lagi. Namun, saya bukan tipe orang yang bisa jalan sendiri. Apa apa banyak nanyanya pada yang lain. Nah, begitu juga dengan menulis, kalau ngga ada temannya sangat sulit untuk mulai menulis kembali. 

S: Apa hubungannya sama Ramadhan, Bu?

B: Hubungan mereka baik baik saja. Hehehe. Namanya niat, Allah pastilah mengetahui, pun niatnya saja belum ada aksi, maka saat berselancar di Facebook saya sempat membaca postingan Mba Yusniar tentang 30 HRDC (30 hari Ramadhan dalam cerita).
... Tarik nafas dulu...
Berangkat dari situ saya pun tertarik. Merasa tertantang, bisa ngga ya nulis sehari satu tulisan. Bisa konsisten ngga ya? Maka saya putuskan untuk gabung, suami pun menyetujui.

S: Jadi Ibu ikutan?
B: Alhamdulillah iya. Dan itu sebuah
keputusan yang sangat sangat bermanfaat bagi saya.
S: Kok bisa, Bu?
B: Banyak alasan mengapa saya bersyukur ikutan.
S: Selain jadi ajang latihan buat menulis kembali, alasan lainnya apa lagi?

B: Saya jadi belajar kapan baiknya saya menulis tanpa ada gangguan. Saya juga jadi lebih peka dengan sekitar, tentang apa yang akan saya tuliskan, kebanyakan tulisan saya tentang pengalaman sehari hari saja.
... Tarik nafas lagi ...
Selanjutnya, teman saya jadi bertambah. Dari kalangan gadis gadis jomblo, emak emak muda, penghuni grup WA HRDC yang kece. Yang samaan dengan saya: berjuang keras menulis setiap harinya selama Ramadhan.

S: Wah banyak ya.
B: Tentu, blog saya, rumah tulisan tulisan saya tahun tahun sebelumnya kembali berpenghuni. Yang awalnya tak terurus. Malahan, saya bisa mempengaruhi seorang teman dan adik saya buat belajar ngeblog, demi kewarasan. Biar ada wadah menumpahkan uneg-uneg.

S: Manfaatnya luar biasa betul ya, Bu.
B: Betul.
S: Lalu ada kejadian kejadian berkesan ngga selama sebulan itu?

S: Hmmm.... Apa ya, banyak sih. Blogku jadi lebih ramai, teman teman grub jadi sering mampir. Pun hanya pada saat awal awal Ramadhan, makin ke sini makin sibuk, terlebih menjelang lebaran, pada sibuk di rumah masing masing mungkin.
... Tarik nafas yuk ...
Ada lagi, di grub WA kan kita wajib setor link tulisan tiap harinya, maka tiap subuh, sebelum sahur atau setelah sahur saya nyetor link tulisan. Alhamdulillah tak pernah keluar dari sepuluh besar. Hohoho. Sudah pernah ngerasain setor link di angka 1, 2, 3  dan lainnya. Setor link itu sebenarnya jadi pemicu semangat buat nulis.
... Tarik nafas sejenak ...
Belum lagi kisah lainnya, sedang asik ngetik, adek bangun, idenya panas panas di kepala lantas lari entah kemana. Giliran adek kesayangan kami tertidur, saya kok ikutan mimpi ya. 

S: Tantangan sekali ya, Bu. Menulis saat
sudah punya bayi.
B: Alhamdulillah pengalaman berharga semua tuh.
S: Tapi bisa tetap menulis ya, Bu?
B: Alhamdulillah, ada tipsnya kok.

S: Wah... Bagus nih. Boleh di bagi, Bu?
B: Tips ala emak muda saat ikut 30 HRDC:
#NIATnya dikuatin
#LAKUKAN segera
#KONSISTEN melaksanakan
#BERKAWAN yang sejalan
#NYETOK tulisan kalau ada waktu (khusus untuk emak emak yang waktunya kadang kadangan)

S: Singkat, padat, dan jelas ya, Bu.
B: soalnya kalau kepanjangan takut adek keburu.
.... Oek oek ...
Kan bangun beneran.
B: Bentar dulu ya, nyusuin si adek dulu.

*Kurang lebih 30 menit kemudian*

B: Maaf ya lama, masih mau lanjut wawancaranya?
S: Boleh Bu, pertanyaan berikutnya, bolehkah saya berbuka puasa di sini? (ha-ha-ha)
B: Wah... Boleh sekali, banyak kok stok air minum di dalam.
S: Alhamdulillah. Saya mau bertanya lagi, Bu. Soal terakhir.
S: Adakah harapan tentang grub HRDC?

B: Ada. Saya berharapnya semoga grub itu tetap ada dan tetap ada tantangan yang serupa walaupun Ramadhan telah berlalu nantinya. Pengen tetap berkawankan mereka yang sangat semangat menulisnya.  Biar selalu semangat menulis.
... Tarik nafas lagi ... Sedih ...
Makanya, saya sangat berterimakasih sama pencetus grub ini mba Yusnia (Bianglala Hijrah) yang dengan sabarnya membentuk grub walau pun kerjaannya banyak. Tapi beliau tetap bisa mampir di grub dan menyemangati kami. Terimakasih banyak,

Mba.
Terus untuk teman teman dalam grub tersebut. Terimakasih juga, masyaallah, sebulan tak terasa kita saling berkawan, semoga semakin berkelanjutan. Dan kita tetap saling menyemangati untuk terus menulis.
Saya sangat bersyukur bersua dengan
mereka, banyak belajar kembali. Alhamdulillah.
Tak lupa, mohon maaf jika selama sebulan ini ada salah salah tulisan. 

S: Masyaallah, semoga saya segera ketularan juga ya, Bu.
B: Aamiin. Segera! Mumpung ruh masih menumpang pada raga.
S: InsyaAllah, Bu. Baiklah, Bu, saya mau pamit dulu.
B: Loh, katanya mau buka puasa di sini?
S: Ada wawancara lain, Bu. Di tetangga. Sukses karirnya di dunia persilatan tinta ya, Bu. Semoga berkelanjutan.
B: Aamiin.

Alhamdulillah kelar sudah wawancara saya
hari ini dengan Ibu Sitti Mardiyah pemilik blog ini. Saya pamit dulu gais. Semoga kita di beri hidayah untuk terus menulis. Dan yang paling penting, semoga Ramadhan berikutnya kita bisa berjumpa lagi.
Demikian setitik tinta
Wassalam.

Madata, 30 Ramadhan 1440H
#Day30
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

Sumber gambar: @beytal_4
Link2 tulisan saya selama 29 + 1 tulisan ini































30 Ramadhan: tulisan ini.



5 komentar:

  1. Kren sekali. Semoga doanya doa kita semua tetap bersama grup ini. Oh y maaf nanya madata itu di kota mana y? K baru dengar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Madata itu nama kampung, di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Hehehe

      Semoga ya grubnya bertahan. Semoga tetap bisa menulis

      Hapus
    2. Terimakasih jawabannya jd tahu Madata di mana

      Hapus
  2. Wih, mantap nih mamah muda. Barakallah bisa nulis full :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, bisa ngisi ful. Walaupun belum berisi tulisannya. Banyak yg cuman curhatan.

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)