Selasa, 07 Mei 2019

30 HRDC day 2: Hari Pertama Puasa

Memasuki hari kedua puasa, izinkan saya bercerita pengalaman puasa di hari pertama. Bertempat di rumah mertua, Enrekang, Sulawesi Selatan. Sebenarnya tak ada yang spesial, berhubung sama sajalah dengan puasa tahun tahun sebelumnya. Namanya puasakan menahan diri dari segala yang membatalkan.

Saya menuliskan ini karena keadaan saya yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Inj tahun pertama puasa dikala sudah berekor alias udah punya bayi. Dan saat ini si adek baru usia tiga bulan. Jadi masih ASI eksklusif.

Ceritanya, malam pertama Ramadhan sudah diisi dengan shalat tarawih, witir, di masjid, biasanya. Tapi saya tak mungkin meninggalkan si adek kesayangan di rumah, jadilah rencananya shalat di rumah saja, nunggu pas si kecil tidur. Nah bapaknya, juga mertua dan keluarga di rumah suami sudah pada ke masjid, eeee... Si adek malah ngga tidur tidur. Main mulu, ngajak emaknya cerita pula. Sambil dikasih senyum doi yang manis tanpa gula, nyamiyy banget pokoknya.

Hingga orang dari tarwih pun adek belum tidur juga, walu sudah diayun lima belas menit lebih, sampai akhirnya saya selesai shalat isya, dia belum tidur juga. Malah tambah asik belajar tengkurap, yang tiap endingnya harus dibantuin, soalnya tangannya masih kejepit sama badannya. Begitu terus sampai tak terasa pukul sepuluh malam. Mungkin karena kelelahan, akhirnya tidur sendiri tanpa perlu diayun. Alhamdulillah. Emaknya, yang tadinya niat tarawih, ketiduran juga.

Barulah pukul tiga dini hari, saya dibangunkan suami buat shalat, sekalian sahur. Yang spesial, giliran azan subuh berkumandang, giliran si adek yang sahur, minta disusui. Emaknya, abis makan langsung baring lagi. Ya Allah perut tambah buncit ini alamatnya.

Oke, subuh berlalu, duo kesayangan  bercengkrama dalam mimpi masing-masing, giliran saya bersibuk ria, nulis sedikit buat dipost di blog, belajar konsisten, juga menulis kembali. Setelahnya kembali ke rutinitas biasanya, memandikan si adek, nyusu, menidurkannya, bangun, nemenin main, dan ... puklu sepuluh menjelang siang, oh...perut sudah kukuruyuk. Masyaallah pedihnya, padahal baru tiga kali nyusuin si kecil setelah sahur. Dan ini belum juga setengah hari sudah awut awutan dalam perut dan sekitarnya. Benarlah adanya, perjuangan ibu tiada duanya. Hikz, ingat mamak di kampung.

Lanjut cerita sembari menahan ketidak enakan di perut, saya pun hendak menidurkan si kecil yang lumayan rewel. Setelah disusui sebelumnya dan di ayun, doi tetap saja menangis, dikeluarin lagi dari ayun, diajak jalan ke beranda rumah, dia diam, tertawa tawa tapi habis itu nangis lagi.

Saya ayun lagi, sebab di matanya jelas jelas ada tanda ngantuk berat. Saya ayun terus walau dia nangis jerit jerit, sambil nyanyi ala emak emak. Suara sedikit dikencangkan biar si adek dengar suara merdu ibunya, tapi bukannya tidur malah tambah nangis. Padahal matanya hampir terpejam, tapi masih saja nangis. Saya jadi bingung mau nyanyi apa lagi, dibacain ayat Al-Quran juga tetap nangis. Sambil berpikir itu, kan sayanya diam, eee...tau tau dia sudah tertidur saja. Ya Allah nak, nak. Ternyata kamu maunya emakmu ini diam diam saja ya tak usah nyanyi ngga jelas, jadi malu sendiri.

Sedikit kesimpulan:
1. Saat anak yang masih bayi menangis, sebagai ibu, apa lagi Mahmud, mamah mamah muda, mesti diperhatikan apa keinginan bayi saat menangis. Jangan sampai dianya lapar malah diayun, dianya ngantuk tapi malah dibawa kemana mana.
2. Bagi ibu menyusui dan ingin tetap puasa, perbanyaah makan sayur, minum airnya kalau ada. Banyak banyak.minum air putih di malam hari.

Insyaallah tips yang lainny menyusul. Soalnya ini lagi belajar juga nahan lapar.


Semoga puasa kita diberkahi. 29 hari lagikan sebelum lebaran?

Enrekang, 2 Ramadhan ¹440 H
#Day2
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah



6 komentar:

  1. Dedeknya rewel tapi lucu pengen nyubit pipit itu 😆 ngga mudah ya punya bayi masih balita lagi saya puasa kasihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, laparnya cepetan dari biasanya hihi. Alhamdulillah rewel kalau ada maunya si adek.

      Hapus
  2. wah, perjuangan jadi seorang ibu benar-benar berat saat puasa, saya cuma baca aja kebayang gimana capeknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bisa merasakannya mba. Terbayang pengorbanan ibu, jadi semakin berusaha menikmati kebersamaan. Makasih sudah mampir.

      Hapus
  3. super sekali punya bayi saat bulan Ramadhan yak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mama Indri, luar biasa. Dan jadi ibu tak mudah ya.

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)