Senin, 22 September 2014

Sebuah Jalan

by:
Kartun Muslimah
Oleh: Nahlatul Azhar

“Aku punya impian yang ingin kuwujudkan, Wit.”
“Apa?”
“Aku ingin ...”
Sayup kudengar impian besar Lasti.
Mimpi. Jika itu bukan milik orang yang sedang tidur, maka mimpi adalah milik mereka yang punya banyak uang. Seseorang dengan penyokong dana yang terus mengalir.
Lah aku?
“Wita kamu punya mimpi juga kan?” Lasti menatapku dengan wajah penasaran.
Aku tersenyum tanpa memberi jawaban.
Mimpi bukan milkku, bahkan ketika aku menginginkannya.
**
Akan mudah bagiku untuk punya mimpi jikala hidupku sama dengan Lasti. Gadis kaya yang baik hati. Sayangnya hidupku justru kebalikan dari Lasti.
Aku anak seoran pemulung sampah.
Jika ibu tidak mati-matian menyuruhku ke sekolah, niscaya aku akan memilih menemaninya mengais plastik-plastik untuk dikumpulkan lalu dijual.
“Ibu yakin selalu ada jalan, Nak.”
Itu kalimat yang selalu dikatakan Ibu jika aku mengeluh tentang biaya buku yang harus dilunasi.
“Bu, percuma aku sekolah toh nantinya aku hanya akan sampai es-em-pe,” ucapku suatu pagi sebelum berangkat.
“Kata siapa itu percuma? Kata siapa juga hanya sampai es-em-pe?” tanya Ibu tanpa menoleh padaku.
“Maksud Ibu?”
“Nak, kamu harus berhasil. Kamu harus mewujudkan mimpi Ibu!”
Ibu punya mimpi?
Aku tak mengatakan apa-apa lagi. Ibu memang wanita tangguh, wanita dengan keinginan yang kuat.
**
Mimpi hanyalah milik orang yang sedang tidur, atau mereka yang punya banyak uang. Seseorang dengan penyokong dana yang terus mengalir.
Kalimat itu sekali lagi terpikirkan di kepalaku. Sepenuhnya semua itu benar. Aku yang anak seorang pemulung, yang tak pernah berani bermimpi akhirnya menyelesaikan kuliahku di universitas terkenal.
Keyakinan ibu tentang jalan untuk setiap masalah juga terbukti benar.
Lasti dengan mimpinya juga berhasil.
“Aku ingin membantu orng-orang tidak mampu untuk melanjutkan sekolahnya!” itulah mimpi Lasti. Dan orang pertama yang ia bantu adalah aku.
Mimpi Ibu juga terkabul. Melihatku lulus kuliah.
Sebab mimpi berhak dimiliki oleh siapa pun. Juga aku.
 @selesai@

#MenangEvent_KBM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)