Minggu, 24 November 2013

KEGIATAN PPL SD INPRES ANAGOWA

Sitti Mardiyah/Nahlatul Azhar


Tiga bulan lalu aku mengikuti PPL yang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar. Praktek Pengenalan Lapanga (PPL), seperti namanya, aku dan 20 temanku yang lain mendapat tugas belajar, mengajar di sebuah lokasi yang telah dipilih pihak kampus untuk kami tempati.

Singkat cerita, pergilah kami ke sana. Berbekal ilmu yang dipelajari di kampus. Berharap di lokasi tersebut aku, temanku, bisa mempraktekan ilmu yang kami peroleh di kampus, juga menambah pengalaman sebelum benar-benar terjun di dunia pendidikan.

 Aku dan 20 temanku, kala itu, siap memulai perjuangan (cie...)
Pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh ... (aku sendiri) saat pelepasan mahasiswa PPL oleh kampus. Saat itu teman-teman asal nunjuk saja. Dari pada disuruh bawain sambutan, mendingan juga ngaji. Lebih mudah (hehehe).




Lanjut ...

Nah, kalau yang ini temanku (bagusnya karena dari kelas yang sama) dia bawain sambutan-sambutan juga. Selaku perwakilan mahasiswa PPL di tempat itu.
Sebelumnya sempat diuat pusing olehnya, karena asal tunjuk maka konsep yang bakal dia sampaiin nanti baru dibuat. Tapi, alhamdulillah berjalan baik.




Selanjutnya ...



Yang jadi pembicara selanjutnya ada Kepala Sekolah dari SDI ANAGOWA. Seorang wanita yang patut dicontoh (kan jarang-jarang nemuin kepsek wanita). Beliau baik, ramah, suka bantu, (malah mobilnya pernah dipinjam, hehehe).


Kalau yang ini ...
Beliau salah satu dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar, beliau juga yang jadi salah satu dosen pembimbing di sekolah tempat aku PPL. Juga sebagai wakil kampus yang melepaskan kami untuk kegiatan PPL kedepannya. Di SDI ANAGOWA.


Pelepasan selesai maka inilah foto-fiti kegiatan PPL kami di SDI ANAGOWA.


Namanya praktek, sudah barang tentu ngajar di kelas. Nah, kelas yang aku dapat adalah kelas 4A dengan kelas yang padat karena dihuni 50 murid bahkan lebih.
Sabar diuji banget di kelas ini. Sekitar 7 murid terbilang sangat aktif (bukan nakal) hampir setiap hari ada saja tingkahnya.
Tapi biar kata banyak gerak, selalu ada saja yang membuatku nahan senyum melihat tingkah mereka. Marah? Wah ... jangan ditanya, sering banget. Tapi ... lagi-lagi masih bisa tersenyum dengan tingkah aneh dari mereka. 4A memang oke. Hehehe.
Ya, banyak teman-temanku bilang kelas yang kutempati ini paling parah. Iya lah, punggawanya banyak. Pada ngga mau ngalah. Apa lagi sola melapor sama ibu guru. Tapi Kalau ada wali kelas mereka, tanpa dikomandi semuanya pada diam. Hehehe ... jadinya tenang lagi deh.



Oke, kita lanjut lagi ...

Ini dia sang guru pamong beserta anak gadisnya yang cantik. Guru yang satu ini baiiiikkk banget. Biliau lah yang membimbin aku dan temanku (yang di tengah) selama kami PPL di sana. Canti, sudah pasti. Beberapa kali bahkan sempat ke rumahnya untuk makan-makan (kurang baik apa lagi coba). Beberapa kali ditraktir. Dan yang terpenting ilmu darinya gratis tis tis ... (hehehe).

KEGIATAN YANG LAIN:

Lomba Azan. (Kalau tidak salah yang di samping itu juara 1 dan harapan 1)



Lomba dai cilik. Yang perempuan peserta dari kelas 4A, sayang ngga dapat juara, tapi kudu eksisi :)


Lomba cerdas cermat hanya diikuti kelas 5 dan 6. Seru, skor saling mengejar.Jika ada yang tertinggal pun masih bisa tetap tertawa.






Unyu-unyu deh. Pesertanya dari kelas 1 dan 2 kalau lomba mwarnai. Lokasinya di depan kelas. Antusis peserta patut diacungin jempol (angkat empat jempol)




Lomba yang satu ini paling dinanti murid laki-laki. Hampir tiap hari nagih, "Pak, Bu, tanding bolanya kapan?"
Nah si bapak atau ibu guru jawab, "Ngga ada tanding bola kalau kalian pada bandel-bandel." Hehehe.

Ini dia punggawa-punggawa kelas 4A. Ngga menang tapi tetap juara (nah, loh ...)
Manis-manis kan? Pake gula sih ...




Lomba makan gerupuk oleh kelas, 1, 2, 3. Seru bin keren plus lucu.
"Awas, Nak. Tidak boleh sampai jatuh!"







Ini bukan lomba lagi, tapi jalan santai. Diadainnya pas libur (ahad)
Semangka!










Bersambung ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)