Kamis, 21 Maret 2013

Herlan Dan Gemintang Pun Bersanding



Pagi yang kunantikan pun tiba. Saat-saat aku menanti kabar dari seseorang (beberapa orang sih sebenarnya). Pasalnya dua hari sebelumnya aku mengirim tulisan ke koran lokal di kota tempatku kuilah. Yang membuatku dag dig dug adalah karena tidak bisa melihat langsung pemuatan cerita mini di koran tersebut. Alasannya ya karena aku lagi menikmati masa liburan di kampung tercinta. Jadi bagaimana caranya untuk tahu apakah cerminku dimuat? Sedang koran tersebut tak mendatangiku (ngawur)
Aku mengirim cerita miniku pada hari kamis. Bukan di kampungku yang ngga punya warnet atau jaringan internet tapi di kota kecamatan yang kala itu bertepatan dengan hari pasar. Bukan mau ke pasar sebenarnya, tapi aku kala itu di suruh orang tua buat ngantar adikku yang mau balik ke pesantren.  Jadi hari kamis itu setelah mengantar sang adik aku pun ke warnet untuk melayanglah sebuah cerpen dan dua buah puisiku ke media yang kutuju.
Singkat cerita, hari sabtu pun tiba. Pagi hari sekali aku mulai kasak kusuk nge-sms orang-orang yang sering termuat tulisannya di koran tersebut. Tak lupa sepupuku pun aku ntanya (via sms).
‘Liahatin KeKeR dong, Kak. Cermin dan puisi siapa yang termuat di sana?’ kirimku pada salah satu penghuni rumah tempat aku tinggal kalau di Makassar.
‘Korannya ngga ada,’ balasnya.
‘Kalau sudah ada kabarin yah,’
‘sip.’
Sampai di situ nyatanya rasa penasaranku masih tak terkendali. Kuputuskan mengirim pertanyaan serupa ke bebarapa orang. Kali ini ada yang tahu.
‘Cermin siapa sekarang yang termuat?’
‘Herlan.’ Balas salah seorang penuis senior. Jawaban sms itu sukses membuatku patah hati. Jangan-jangan aku memang ngga cocok nulis cerpen, bisik suara hatiku pilu.
Hari yang cukup tak mengenakkan. Kecewa. Padahal saat ngirim cermin tersebut aku sudah sangat yakin bakal dimuat. Sampai nulis di badan email agar jika dimuat sang editor ngirimin pemberitahuannya. Pede banget kan?
Sore harinya, aku, adikku, sepupuku, dan tante kecilku berangkat ke kampung sebelah. Tempat saudara bapakku tinggal. Seperti sebuah keharusan kalau pulang kampung harus ngadain acara makan-makan. Itu pula yang menjadi alasan aku dan 3 orang keluarga (kesemuanya anak-anak) rela mendaki gunung (jalan kaki booo) buat nyampe ke kampung sebelah.
Capek? Tentu saja!
Sampai di TKP acara dimuai. Membuat ini itu, yang hasilnya adalah mi ayam campur ketupat (sederhana namun luar biasa saat disantap bersama keluarga). Setelah itu semuanya kan pada sudah kenyang (disingkat-singkat) selanjutnya tinggal duduk di depan tv dan nunggu mata mulai ngantuk buat rebahan (setelah beres-beres lagi tentunya).
“Wah, kata Bunda tulisan Mardiyah termuat di koran,” ucap sepupuku yang juga lagi di kampung. Lumayan membuatku kaget.
“Masa sih?” tenyaku tak percaya.
“Iya.”
Aku mulai bingung. Kok bisa bukannya cermin si Herlan yang dimuat. Mana mungkin dua cerita mini.
‘Tulisanmu termuat hari ini, selamat yah. Jangan upa traktirannya.’ Itu bunyi SMS dari sepepuku yang saat pagi aku tanya.
‘Judulnya apa?’ blasku ingin mencari kepastian.
‘Tatapan Terakhir Herlan,’ balasnya lagi.
Degh ...
Herlan?
Oooo ... jadi itu maksudnya. Jadi sebenarnya sejak pagi aku sudah dapat info kalau tuisanku memang dimuat. Yang jadi masalahnya si senior yang ngebalas SMSku cuman nyebutin akhir judulnya saja. Tentu saja aku ngga ngerti, parahnya lagi aku ngga ingat judul cerpenku.
Andai saat itu bisa teriak, aku akan teriak saking senangnya. Sayang sudah malam dan tetangga sudah pada tidur (ntar disangkainya ada yang kesurupan lagi).  Mimpiku di tahun ini pun mulai merangkak. Tulisanku mulai menemukan jodohnya (kata senior-senior penulis, tiap tulisan punya jodohnya masing-masing).
Cerita ini ngga sampe di situ saja. Ada kabar gembira lain yang datang. Fakta bahwa tulisanku muncul bersamaan dengan salah satu sahabat dunia maya (Mba Gemintang tersayang) bedanya si Mbanya puisi. Alangkah bahagianya aku dan Mba Gem. Sampai-sampai aku bilang kalau termuatnya tulisan kami berbarengan bisa dijadiin cerita (saat itu aku berjanji untuk ngebuat kisahnya, Mba Gem pun setuju).
Maka inilah persembahanku untuk sahabat pena, sahabat maya, dan teman duetku : Mba Gemintang Halimatussa’diah. Juga untuk Kak Hendra J Hamzah yang sempat membuatku salah sangka dengan SMS singkatnya (karena salah kaprah itu pula tulisan ini ada). jangan lihat dari tulisannya, lihatlah aku yang sungguh-sungguh ingin menulisnya (tetap masih ngga pede dengan tulisan sendiria).
Kembali dengan ucapan bismillahirrahmanirrahiim ... untuk kelanjutkan goresan-goresan penaku.

Makassar, 21 Maret 2013. 
 

10 komentar:

  1. hehehe... senangnya ya bisa menembus koran. :D
    *aku belum. hiks hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mba Vera, dijamin ketagihan. Walau agak lama baru dimuat, bukti bahwa kalau ngirim terus bakal dimuat juga. Ayo buruan :) heheheh

      Hapus
  2. senangnya ceritanya kak nahlatul dimuat. aku envy :') pake banget. pantaskah karyaku bersandinng dengan karya penulis hebat lainnya ? :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tifa suka merendah nih... tunggu tanggal mainnya aja, ntar sekali muat bakal termuat terus, minta ilmunya sama mba Gemintang :)

      Hapus
  3. Wah, pengalaman yang mengesankan. Karya kita bersanding di koran lokal..subhanallah...seru ya Nah. Mudah2an ini langkah awal, dan ke depannya kita bisa nembus lagi...oke2? Semangat..semangat untuk semuanya...setau saya Vera dan Tifa kan karyanya pernah dimuat di koran juga...heu2.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh mba Si Tifa ama mba Vera segitu amat, padahal sudah juga... tinggal melanjutkan saja ntar sama2 muncul lagi.
      bdw, aku ngebuat ini udah lama banget diniatinnya, baru keasmpaian juga heheh. maaf yah mba gem, jadi bikin heboh :)

      Hapus
    2. gak heboh kok, malah ikutan senang...heu2.. ^^

      Hapus
    3. kirain bakal didiamin (heheh)
      pengen nanya kalau nambahin daftar blog yang diikuti itu gimana?

      Hapus
  4. Nah, blognya bagus deh, rapiii...sukaa..heu2.. ^^

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)