Minggu, 05 Januari 2014

Tips Menulis Untuk Para Pemula Ala Pemula-Nahlatul Azhar



Hey, hey, hey, Jumpa lagi dengan saya penulis paling pesimis sejagad. Yang tahunya nebar virus galau yang membahana. Hehehe ...
Tapi kalai ini dengan galau mari kita satukan kekuatan. Halah ...
Udah ah, baca saja yang di bawah, ada bagusnya ya diambil, ngga ada bagusnya ya dipaksa juga buat diambil. Ngga ding. Kalau mau baca ya dibaca, kalau ngga mau, ya komentar saja sedikit. Senyum juga boleh, sedekah. Kalu ninggalin duit malah terimakasih banyak. Terus dibanyak-banyakin ya. Sip ... silahkan ke bawah.
Yang penulis pemula kudu punya: apa sajalah istilahnya. Asal sih nulisnya, tapi dari hati ini. Beneran deh!
#Niat
Ini perlu loh. Niat nulis apaa dulu? Karena apa? Untuk apa? (rempong kan?). Kalau saya dulu nulis karena hati, berharap yang baca juga dengan hati (yang baca kan mata ya?). Dan selipan hatiku dalam tulisan-tulisanku dapat berbuah manis (maksudnya dapat apresiasi gitu). Nah loh, niat awal kadang emang bagus tuh, lama-lama belok juga. Ngga ada maksud sih ngajarin belokin niat, atau diperhalus saja, mm ... bukan niatnya beruah, tapi ya gitu deh.
Intinya perbaikilah niat sebelum nulis. Karena niat awal itu penting, kalau niat udah salah hasilnya juga bakal berbeda tuh. Ya kan? (nengok ke belakang minta persetujuan paksa).
#HatiyangKuat
Kenapa hati kudu kuat? Hayo ... ada yang tahu jawabannya? Ya sudah, pada tahu kan. Kita melangkah saja deh kalau begitu.
Kok gitu?
Katanya sudah tahu.
Tetap saja jelasin dulu.
Iya, iya ... jangan ngambek dong, ntar ngga cantik lagi loh.
Oke, lanjut. Tidak sendikit penulis yang makan hati di kemudian hari dikarenakan hatinya ngga kuat sebelum masuk dunia aksara. Bagus kalau ngga lantas berhenti. Karena dalam dunia pergulatan kata, tidak sedikit kritik pedas yang muncul. Sensasi-sensasi pun bertebaran di sana sini. Belum lagi komentar dengan seratus biji cabe. Super pedas pokoknya. Nah, kalau hati ngga terima, ngga siap, maka hasilnya yah jadi penulis galau yang berahir di pembaringan alias ngga jadi penulis lagi. Atau penulis sembunyi-sembunyi.
Kenapa begitu? Kata penulis-penulis yang sudah pada punya jam terbang tinggi mengangkasa: gimana mau bagus tulisannya kalau takut dikritik? Iya sih. Tapi mewakili penulis pemula, saya menyampaikan pesan dari lubuk hati paling dangkal, “Berilah komentar pedas dengan hati. Sekali lagi pakai hati bukan pisau dapur, biar hati-hati penulis pemula ngga pada berdarah-darah. Setuju?” (nengok ke belakang lagi, jawab dong kalau setuju).
Sebenarnya ini pengalaman saya selama jadi penulis galau bin cacat. Dulu-dulu nih ye, kalau sudah minta komentar suka dag-dig-dug ngga jelas. Bukan lantaran yang ngasih komen super ganteng terus ngga bisa ngomong lagi di depannya, justru karena komentar yang dinanti itu kadang bikin nyesek hati. Ya, maklum pemilik hati nan lembut ini rada-rada mudah tersakiti. Namun bagi yang membaca tulisan ini saya doakan, hatinya sekuat baja. Tahan banting dan pukul. Pokoknya super kuat. Aamiin.
Oh ya, kalau komentar yang kamu dapat itu ngga masuk akal, nyeleneh, atau aneh-aneh tinggalin saja. Apa lagi kalau meragukan, kan kata agamaa kalau meragukan ya TINGGALKAN. Ngga nyambung? Sambung aja pake tali J
#NggaKenalBerhenti
Mengenai yang satu ini jangan pernah mencobanya. Karena penulis yang niatnya sudah bagus sejak awal, terus hatinya sekuat batu, tentulah tidak akan berhenti menulis. Berhenti yang dimaksud adalah dengan niat yang bulat ngga mau lagi menulis. Tapi kalau berhenti sejenak ya tidak apa-apa, apa lagi kalau berhentinya karena mau ke kamar mandi, mau ibadah, mau ngisi perut, semuanya sah-sah saja. Bagus malah, karena itu berarti si penulisnya masih hidup. Ya toh?
#KenaliDiri
Ini penting coy. Kalau lu lu pade ngga tau diri lu sendiri, gimana saya mau kenal coba (sok banget kan?). Kenali jenis tulisanmu. Kenali waktu-waktu mod mu bagus buat nulis. Kenalan sama tetangga yang juga penulis. Hehehe ... harus tahu dirilah, ingat bukan tempe diri J.
“Kamu itu tulisannya meremaja, teenlit gitu.” Itu kata Kak .. .ehmm. intinya lagi kamu bisa ngenal dirimu, tulisanmu, itu dari pendapat orang lain. Kalau 80 sampai 90 persen sudah bilang kamu cantik, makan percayalah kamu memang cantik (ngawur).
#KenaliMedia
Ini ngga kalah penting. Saya sendiri baru kenalan dengan satu media, koran maksudnya. Makanya sudah kenal banget apa maunya tuh koran (sok tahu tepatnya).
Walkisah, saya tahun 2011 itu asal kirim saja ke koran (itu tuh yang koran Makassar). Hasilnya sudah jelas ketahuan dong kalau ngga pernah dimuat. Ngirimnya kan coba-coba, asal-asalan, dan aduh ... saya masih unyu-unyu saat itu. Jadi mana dilirik coba.
Beda sama senior yang lain, sekali tancap gas, sutttttt mulus deh, kemuat, menang lomba, de-el-el. Lah saya? Baru naik daun 2013. Itu juga karena yang nerima cerpen saya di koran capek kali yah dapat kiriman cerpen super aneh tiap minggu. Ngga tanggung-tanggung pula banyaknya.
Ngga cuman kenalin media, kenal juga sama waktu-waktu mustajab buat ngirim. Akhir bulan tuh penulis-penulis pada malas. Hehehe ... jadi bagus buat penulis pemula najamin taringnya, eh pensilnya. Tulis, tulis,tulis, edit, terus kirim deh.
Terus ...
#NggaAdaKataNyerah
Ini penting bro, kalau nyerah itu bukan penulis namanya. Percaya deh kata saya yang aneh ini. TIAP TULISAN ADA JODOHNYA. Emang manusia saja yang berjodoh. Pun tidak ada, buat wadahmu sendiri, blog kek, facebook kek, asal jangan di kolong meja saja. Kalau dimakan rayap kan kasihan. Bukan penulisnya yang kasihan, tulisannya itu loh. Kan ide mahal, apa lagi gas naik lagi (loh,loh ...)
Bener, tiap tulisan ada jodohnya. Suer! Sumpah! Mau sumpah pocong? Ngga deh ... horor soalya.
#SabarpulsIkhlas
Sabar ini penting. Penulis-penulis beken ngga langsung muncul gitu saja. Ada tahapan-tahapan yang mereka lalui. Ngga percaya? Tanya gih sana! Dibilangin juga.
Tapi bener, penulis harus sabar. Apa lagi nunggu honornya keluar, musti dah punya ilmu sabar yang mantap. Nah kalau ikhlas juga penting. Kalau ngga dimuat atau tidak menang lomba, kudu ikhlas, sabar, terima apa adanya, bukan ada apanya. Ya! Oke? (noleh ke belakang lagi).
#BertemanSamaPenulis
Kenapa? Biar nularin semangat nulis. Biar ilmunya bisa dikasih sama yang lebih tua (ilmunya). Biar dikasih buku gratis pas si penulis ngelahirin buku. Biar ... pokoknya bertemanlah sama penjual minyak wangi, InsyaAllah baunya nular.
Gini, gini, kalau banyak-banyak kenal penulis itu bakalan dapat berkah. Ngga percaya? Duh ... sudah capek nih ngetiknya. Lain kali ya, intinya amalin yang di atas. Kalau pun punya ilmu lebih ampuh, silahkan dipraktekin juga. Yang pasti tulisan ini dibuat dengan sesadar-sadarnya dan tempo sebisa-bisanya (haduh... makin ngga jelas).
Itu saja dulu ... boleh deh bersambung. Salam galau. Galau pun bisa jadi kisah! Ingat itu! Waspadalah, waspadalah.

2 komentar:

  1. saya senang bacanya mbak. namun saya belum berani untuk terjun dan mempublikasikannya secara offline hanya latihan nulis di blog aja. owh ya saya nggak ngambek lho mbak apa masih di bilang cantik wkwkwkwkw (intermezzo aja )

    salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, untuk publkasi karya emang butuh keberanian sh, sy dulu juga seenaknya saja publikasiin karya, tau2 pas ada yang komentar malah kepanasan sendiri :P
      Tapi dengan nulis d blog sudah termasuk publikasiin karya kamu kok, hehehe .. setidaknya untuk saat in di sanalah medianya kamu. Termakasih sudah mampir. Eh, aku ngga ngerti tuh intermezonya :P

      Hapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)