Kamis, 21 Maret 2013

BE A WRITER : Semuanya Ada di Sini


“Apa sih? Kayak warung aja,” suara-suara itu menggema di sekitarku padahal tak ada wajah yang tampak di sini.
“Emang aku samain dengan warung. Tahu aja kamunya.” Nah benar saja aku menjawabnya. Mungkinkah ini pertanda gila? (abikan).
“Selengkap apa coba? Paling ...”
“Ssssssstt ... makanya baca dulu, ntar baru komen lagi. Ok?” ucapku, bukan dengan mulut tapi dengan hati. Sebab jika tidak nantinya aku akan kembali menunda tulisan ini. Padahal ini waktu yang baik untuk memulai sebelum tenggelam dalam kesibukan dunia nyata (maklum anak kuliahan yang nebeng di rumah keluarga). Maka  di sinilah aku, di depan benda kesayangan bernama Nobu (notebook). Terus berpikir sambil menjalankan dua jari telunjukku (benar-benar payah dalam mengetik).
Selaanjutnya mari fokus pada tema pertama : PENGALAMAN BERGABUNG DENGAN BAW.
Kalau diingat-ingat aku masih tergolong anggota baru. Masih tergolong imut-imut tapi karya masih amit-amit. Bagaimana tidak, aku hanya bisa ngiri saat mba-mba di BAW kembali membagi-bagi bukunya dengan harga lelang. Baru mulai memimpikan punya tulisan yang termuat di media lokal, mimpi standar penulis pemula, untuk novel sendiri masih sebatas niat dalam hati. Jadinya aku masih memompa diri tuk memiliki mental PEMENANG (yang fositif agar bisa terus eksis) ngutip kaimat mba Riawani Elyta. Lalu ... pantaskah aku di BAW? (pertanyaan yang ngga perlu dijawab, walau ngga pantas mana mau aku keuar. Aku sudah melabuhkan cintaku di BAW). Kayaknya malah curhat ya.
Siapa yang mengenalkanku dengan BAW?
Dulu saat ingin memasuki dunia aksara yang pertama kulakukan adalah mencari wadahnya. Mencari orang-orang yang sudah terlebihdahulu masuk ke dunia penuh kata itu. Karena aku ingin berguru pada yang mampu. Ingin pandai merangkai kata yang baik pada yang terbaik. Mulai pulalah aku menjelajahi dunia maya. Ngintip sana sini pada profil penghuni fb. Karena saat itu modem masih baru, jadi nongol di fb pun jadi sering.
Akhirnya aku bertemu dia yang mencuri hati dengan sempurna. Mba Leyla Hana tapi saat itu yang aku kirimi cerpen adalah Mba Leyla Imitichana (nama fb). Sebatas tahu Mbanya seorang penulis aku pun sok kenal ngirimin cerpenku.
Percakapan dimulai 7 Me 2012 (via inbox)
Aku : Assalam, Mba ini cerpenku...mohon dikoreksi yah...terimakasih sebelumnya (beserta cerpen berjudul Guna-guna Tak Berguna)
Mba Leyla : Saya add kamu ke grup saya saja ya, nanti bisa posting cerpennya di sana. Sebelumnya, perkenalan dulu.
Aku : Iya Mba.
Pintu BAW pun terbuka, aku lantas masuk dengan cerpen yang katanya sebagai bahan ospek(ini yang rada aneh, hihihi). Yang mulai komen adalah Mba Mariana Janis, lalu muncul Mba Eni Martini, Mba Yusi Rahmaniar dengan teriakan ala fb kalau cerpenku itu cerpen ospekan anggota baru. Mba Gusti Ronia juga hadir membaawa pengalaman masa lalunya, Mba Sarah Amijaya pun tak kalah tuh dengan kisah temannya yang pernah diruqyah juga nitipin selamat datang juga buatku.
Selanjutnya yang terjadi adalah sesi kritik dan sara. Mba Yusi kala itu paling banyak ngasih sarannya, Mba Leyla juga ngga ketinggalan. Ngasih saran media mana yan dituju, bagusnya cerpennya terdiri dari dua tokoh saja, akunya disaranin sabar dalam menulis (kala itu istilah kerennya teerlalu ngos-ngosan). Selebihnya saling bercanda. Seru deh, makanya baru datang aku serasa sudah kenal lama sama mak mak di dalamnya.
Semuanya ada di sini. Mau bukti?
Senin => Diary Day
Tempatnya curhat. Tentang ini itu, tentang keluhan, keanehan, kesengsaraan, tak ketinggalan yang baru dapat berkah, menang lomba, dapat honor, mesin cuci, semua terkupas di Diary Day. Tak sekedar posting tapi anggota-anggotanya pun ngga sekedar leawat, ngeliat, tanpa komentar. Nikmatnya di BAW karena semua ambi bagian. Ngasih saran atau sekedarnya. Selalu peduli pada anggota lain. Yang keren karena yang sudah senior pun ngga enggan buat nimbrung. Kaku? Ngga ada dalam kamus Baw. Nikmatnya ngalahin makan deh tuh (hihihi).
Selasa => Shering Day
Giliran Shering, jangan kira semuanya pada kabur. Justru di BAW bakalan rame dengan ilmu-ilmunya. Tulisan penghuninya pada berisi, ngga gemuk tapi sehat (nah loh). Yang terpenting eratnya kekeluargaan makin terjalin dan terjamin.
Rabu  => Blogging Day
Jarangkan grup yang punya kegiatan ini. makanya salah satu rujukanku belajar ngeblog yah BAW.  Sebab banyak penghuninya yang sudah melanglanng buana di dunia bog. Menang lomba A-Z, ngedapatin hadiah-hadiah keren. Satu yang tak mereka yang menang lupakan adalah hikz ... hikz ... (ambil tisu lapin angka sebelas di hidung) mereka ngga lupa bagi tips-tips ikut lomba beserta invo lombanya (ngga ada persaingan deh kayaknya. Pun kalau ada yang menang pada nasih selamat dengan suka cita plus minta bagian, ehehhe).
Kamis => Promo Day
Tak hanya menulis, beberapa penghuni BAW ada yang punya aktifitas lain. Tak jarang tuh memperlihatkan dagangannya di sini. Ada yang jualan Kue juga (nikmat kan?). terlebih yang sudah punya buku, BAW J=jadi solusi buat jualan (asiik, sik,asik).
Juma’at => Revew Day
Kali ini bingung mau nulis apa lagi. Kalau bagian ini aku kebanyakan baca saja. Yang merevew biasanya yang dapat tugas mingguan, entah itu buku atau filem.
Sabtu => Businnes Day
Keren! Ngga ada duanyakan?!
Ahad => Free Day
Dibebasin buat ngapain aja, tapi tetap terarah dong!
                Tak sekedar menuis tapi peduli pada sesama, BAW pula mengajarkan hal itu. Para penulis senior (ehm... ngga papa yah nyebut gitu) ngga tanggung-tanggung buat ngeluarin setok bukunya buat dilelang, dan hasilnya buat yang membutuhkan (kalau nda salah untuk saudara-saudar di Palestina, juga untuk seorang penulis yang penuh edikasih)
Nah, itu dia kelengkapan di Grup BAW tercinta.
Lengkap dan semua ambil bagian. Tak sekedar grup kepenulisan biasa, dari fb saja merambah ke dunia blog. Tak sekedar kata tapi selalu ada pembuktiannya. Dan untuk kesekian kalinya, aku kan menuliskan AKU MAKIN CINTA PADA BAW.
Sekian pengalamanku di Baw.
“Gimana?” bisik hatiku pada sekitarnya.
“Wow!”
“Keren kan?” hatiku senyum-senyum sendiri.
“Ini bukan keren lagi tapi keren banget!”
“Benar kan? Makanya motifasi menulis ngga menurun sebab di BAW kita malu kalau ngga nulis, serasa jadi batu yang tinggal di tempat saja. Padahal anggota yang lain pada lari maraton.”
Lega rasanya menuliskan ini. Kenapa? Karena semenjak dari kampung baru tulisan ini yang berhasil terselesaikan, pun ngga jelas. Heheheh.
Sarangheyo BAW dan seluruh anggotanya.
 ada cinta di sana
ada peduli di sana
ada tawa juga duka
ada semua yang aku cari
ya! Semua ada di BAW.

**Diikutsertakan dalam Give Away BaW,
Tema Pengalaman Bergabung di BaW**


INVO SELENGKAPNYA DI : http://bawindonesia.blogspot.com/2013/03/give-away-baw-20-maret-20-april-2013.html

22 komentar:

  1. Saya dataaang, dan membacaa :)

    BalasHapus
  2. Mantap,
    menarik..
    ollow back Ukhti..
    almudirarizqi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udAH di follow yah :) sip2 tak kunjungin deh.
      makasih udah mampir.

      Hapus
  3. saia jugaa... Hai kembaran nama :D
    Seamangat yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... moga2 bisa sekeran mba juga, g sekedar nama ajayang mirip. maksih mba

      Hapus
  4. aiiih....dia ingat aja ceritaku ituh:) senang mengenalmu dan dipersatukan dalam ukhuwah dek.....

    BalasHapus
  5. waah...
    be a writer itu grup di facebook ya mbak? jadi penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, grup di fb, tapi baru2 launching blognya. so, jadi makin lengkap deh :). ikutan yah mba Vera.

      Hapus
    2. aku enggak tahu grupnya. gimana donk?

      Hapus
    3. ga usah ke grupnya dulu mba ikutan lombanya dulu, kenalan sama pengurusnya ntar habis itu izin gabung deh :)

      Hapus
  6. Aku blm nuliiiis buat lomba ini.. :(

    BalasHapus
  7. keren ini, ditulisin smw agenda BAW hehehe,,,aku follow ya blognya hehe follbeck jg yah mbak Nahla hihi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. aku follow yah mba :) ikutan GAnya g mba? pengen berkunjung jug

      Hapus
  8. Terima kasih atas tulisan GA BAW, Mardiyah Na .. suksess selalu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa BaW :) love u ......
      sering2 yah ngadain lomba :)

      Hapus
  9. mantapppp...walking2 k blogku jg dong biar rame...eniwai ku follow blogx y, follback y...#emak2labilmitafollback....

    BalasHapus
  10. Makasih, Nahla.
    semoga semakin sukses nulisnya :-)

    BalasHapus

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)