Senin, 01 Juli 2013

Soal-Jawab Pembelajaran Sastra Anak Lintas Kurikulum


http://agoyman.deviantart.com/
1.       Apa yang menyebabkan cerita tidak menarik?
Jawab:
-          Penyajian tokoh dalam cerita tersebut terlalu banyak sehingga pembaca agak kesulitan serta bingung dalam memahami cerita tersebut.
-          Sampulnya tidak begitu bagus dipandang sehingga orang tidak tertarik untuk membacanya.
-          Penceritaan dan gaya bahasanya kurang bagus untuk dipahami oleh pembaca
-          Tema dan juduk dari buku tersebut kurang menarik sehingga pembaca malas untuk membacanya.
-          Penyajian halaman buku cerita tersebut terlalu banyak  atau terlalu tebal  sehingga orang akan berfikir yakni butuh waktu berapa lama untuk menghabiskan membaca buku itu, sebelum mereka mencobanya.
2.       Tuliskan manfaat bacaan sastra anak untuk SD kelas awal!
Jawab:
-          Manfaat estetis, yaitu sastra anak-anak mampu memberikan keindahan bagi pembacanya dalam hal ini anak-anak.
-          Manfaat pendidikan, yaitu sastra mampu memberikan pengetahuan kepada anak-anak sehingga mereka mengetahui mana moral yang baik dan buruk
http://hilzaadelina.blogspot.com/
-          Menfaat rekreatif, yaitu sastra dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi mereka
-          Sastra dapat membangkitkan motivasi anak dalam belajar
-          Sastra anak dapat mengembangkan daya imajinasi anak-anak
3.       Kemukakan tujuan dari pada MITE!
Jawab:
-          Menggarap tokoh yang hanya berpusat pada seorang pelaku
-          Menggarap peristiwa yang bersifat khas dan unik sehingga tidak mungkin digambarkan terjadi pada tempat lain
-          Akhir cerita biasanya bersifat tragis karena tokoh utamanya mati atau mengalami nasib yang menyedihkan
-          Menggambarkan sikap dan suasana yang pesimistik
4.       Tuliskan pengertian puisi anak!
Jawab:
 Pengertian puisi anak adalah puisi yang ditulis untuk anak dengan bahasa lugas dan mudah dipahami anak yang isi dan bahasanya mencerminkan corak kehidupan dan kepribadian anak serta akrab dengan dunia anak-anak.
http://cestlavie-ch.blogspot.com/
5.       Tuliskan hakekat dan karasteristik puisi anak!
Jawab:
Hakikat dan karakteristik puisi anak adalah puisi anak umumnya masih menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, kata-kata itu juga dirangkai masih seperti struktur asli kalimat.
6.       Apa perbdaan puisi dewasa, rmaja, dan anak-anak?
Jawab:
Perbedaan antara puisi dewasa, puisi remaja, dan puisi anak adalah puisi anak adalah puisi yang mengacu kepada dunia anak yang berisi tentang kehidupan yang dekat dengan anak seperti dunia bermain, imajinasi yang disesuaikan dengan tingkat pemikiran mereka yang masih sederhana dan bahasa yang digunakan adalah biasanya sederhana dan tidak rumit. Sedangkan puisi remaja dan dewasa hampir sama karena isinya berisi tentang kehidupan yang lebih luas misalnya dunia kerja, dunia kuliah, bahkan dunia malam, karena rasanya tidak etis jika puisi anak berisi tentang kehidupan malam disamping itu bahasa yang digunakan dalam puisi remaja maupun dewasa adalah lazim memakai banyak istilah jika diperlukan yang memperkuat kesan cerita.
7.       Tuliskan ciri-ciri puisi anak!
Jawab: Ciri-ciri puisi anak adalah :
-          isi anak adalah puisi yang berisi kegembiraan.
-          Mengutamakan bunyi bahasa dan membangkitkan semangat bermain bahasa.
-          Harus berupaya memperbaiki ketajaman imajinasi visual dan kata yang dipergunakan mengmbangkan imajinasi, dan melihat serta mendengar kata-kata dalam cara baru.
-          Menyajikan cerita sederhana dan memperkenalkan tindakan sehari-hari.
-          Ditulis berdasarkan pengalaman anak.
-          Berbentuk informasi sederhana yang membuat anak dapat menafsir dan menangkap sesuatu dari puisi itu.
-          Tema puisi harus menyenangkan anak-anak, menyatakan sesuatu kepada anak, menggelitik egonya, mengingat kebahagiaan, menyentuh kejenakaan dan membangkitkan semangat pribadi anak-anak.
-          Dapat dibaca anak-anak dan mudah dimengerti.
8.       Apa pengertian apresiasi sastra anak?
http://cestlavie-ch.blogspot.com/
Jawab: :
Apresiasi satra menurut kelompok kami yaitu mengapresiasikan penhargaan, penilaian terhadap karya satra, baik yang berbentuk puisi maupun prosa atau suatu kegiatan menggauli satra dengan sungguh-sungguh hingga tumbuh pengertian, penhargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra.
9.       Bagaimana cara mengapresi karya sastra anak dalam bentuk puisi?
Jawab: :
Cara mengapresiasikan karya sastra dalam bentuk puisi yaitu dengan cara membaca, mendeklamasikan, menciptakan puisi, dan mendiskusikan tema, keindahan bahasa, serta hal- hal yang menarik dari puisi tersebut.
10.    Tuliskan manfaat aprsiasi sastra bagi anak!
Jawab : *Manfaat apresiasi sastra bagi anak yang bernilai ekstrinsik yaitu :
- Memberi kesenangan, kegembiraan, dan kenikmatan bagi anak – anak
- Mengembangkan imajinasi anak dan membantu mereka mempertimbangkan dan memikirkan alam, kehidupan, pengalaman atau gagasan dengan berbagai cara.
- Memberikan pengalaman baru yang seolah dirasakan dan didalamya sendiri.
- Mengembangkan wawasan kehidupan anak menjadi perilaku kemanusiaan
- Menyajikan dan memperkenalkan anak terhadap pengalaman universal.
- Meneruskan warisan sastra.
*Manfaat apresiasi sastra bagi sastra bagi anak yang bernilai ekstrinsik yaitu :

-  Penrkembangan bahasa
-          Perkembangan kognitif
-          Perkembangan kepribadian
-           Perkembangan sosial.
11.    Bagaimana cara menumbuhkan kemampuan dalam memahami karya sastra?
Jawab :
Cara menumbuhkan kemampuan anak SD untuk memahami karya sastra adalah dengan cara memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi dalam berbagai jenis karya sastra yang mereka sukai walaupun sebagaimana kita ketahui anak SD  belum mengetahui atau memahami secara utuh bagaimana jenis – jenis karya sastra tersebut. Ajarkan sastra itu seperti sebuah kebebasan, tidak ada tekanan, anak bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Guru juga perlu mengetahui bagaimana karakteristik, ciri khas dan kemampuan yg dimiliki peserta didiknya serta mengembangkan sesuai tahapan usianya. Selain itu, guru harus mencoba memberikan pelajaran – pelajaran  baru tentang sastra yg sesuai dengan bakat dan minat serta menganggap siswa sebagai anak dan sahabat yang dapat menerima segala keluhan – keluhannya.
http://hangukmalmothae.wordpress.com
12.    Tuliskan tahapan perkembangan koghnetif anak ditinjau dari sudut fisiologi!
Jawab : Ditinjau dari sudut pandang psikologis anak ( intelektual anak), tahap perkembangan kognitif anak terdiri dari empat (4) tahapan , yaitu :
a.       Tahap 1: Periode Sensorimotor (sejak kelahiran sampai usia 2 tahun) dicirikan dengan fase interkoordinasi progresif dari skema menjadi lebih komplek dan terintegrasi. Pada fase pertama, respon-respon bersifat bawaan dan berupa refleks-refleks yang tidak disengaja, seperti misalnya menghisap. Pada fase selanjutnya, skema-skema refleks mulai terkontrol secara sadar. Dengan demikian pada fase ini anak sudah mulai bisa membangun pikirannya tentang bagaimana lingkungannya melalui kegiatan sensorimotor.
  1. Tahap 2: periode pra-operasional (usia 2-7 tahun), perilaku anak berubah dari depedensi tindakan menuju pemanfaatan representasi mental dalam tindakan-tindakannya atau yang bisa disebut berfikir.Namun anak pada tahap pra-operasional belum mengembangkan sistem organisasi pikiran-pikirannya. Ketika kita berada di sekitar mereka dan mereka tidak melihat kita, mereka tidak berfikir bahwa kita dapat melihat mereka. Ini adalah contoh klasik egosentrisme anak pada tahap ini.
  2. Tahap 3: periode operasional konkret (usia 7-11 tahun) adalah tahap penyempurnaan tiga ranah penting dalam pertumbuhan intelektual, yaitu: konservasi, klasivikasi, dan transivias. Konservasi, ranah pertama, adalah kemampuan untuk mentransformasikan sifat objek. Klasifikasi melibatkan pengelompokan dan kategorisasi objek-objek yang mirip. Transitivitas adalah dua kemampuan yang terpisah namun berhubungan.
  3. Tahap 4 : periode tahap Operasional Formal (12-dewasa)
Sekitar usia 12, anak-anak masuk ke tahap baru lebih tinggi kognisi. Pikiran remaja yang sudah mampu memanipulasi representasi mental yang kompleks. Orang dewasa muda menjadi mampu berpikir dalam abstraksi-menggunakan ide-ide, bukan hanya beton benda-cara yang sebelumnya menghindari pegang mereka. Mereka dapat alasan tentang situasi hipotetis dengan presisi dan realisme.
13.    Tuliskan 6 fase dalam perkmbangan moral anak!
http://forums.soompi.com
Jawab :
Ada enam Fase Moral Menurut Kohlberg :
·         Orientasi kepatuhan dan hukuman
·         Orientasi minat pribadi
·         Orientasi keserasian interpersonal dan konformitas
·         Orientasi otoritas dan pemeliharaan aturan sosial
·         Orientasi kontrak sosial
·         Prinsip etika universal
14.    Kemampuan anak memahami karya sastra sangat ditentukan oleh kmampuan berbahasanya. Menuurut anda benarkah pernyataan tersebut? jelaskan!
Jawab :
Ya! Perkembangan berbahasa anak sangat penting dalam upaya mengembangkan kemampuan apresiasi sastra anak maupun pengalaman bersastra pada anak, karena dengan adanya perkembangan bahasa, seorang anak dapat mengenal dan mengetahui bagaimana bunyi – bunyi kabahasaan, memahami kata – kata , maupun kalimat dari sebuah karya sastra. Karena dengan bahasalah seorang anak dapat mengapresiasikan dan memahami bagaimana isi atau makna yang terkandung dalam sutu karya tersebut. Melalui bahasa seorang anak dapat tahu bagaimana simbolis perasaan pengarang atau seorang sastrawan yang tercantum dalam karya sastra yang ia ciptakan. Intinya dengan kemampuan perkembangan bahasalah seorang anak dapat mengapresiasikan apa yang ia rasakan pada suatu karya sastra.
http://savingupforkorea.wordpress.com
15.    Tuliskan pengertian:
a.       Alur cerita
b.       Tema
c.        Penokohan
d.       Latar
Jawab :
·         Alur cerita :
ialah peristiwa yang jalin-menjalin berdasar atas urutan atau hubungan tertentu. Sebuah rangkaian peristiwa dapat terjalin berdasar atas urutan waktu, urutan kejadian, atau hubungan sebab-akibat. Jalin-menjalinnya berbagai peristiwa, baik secara linear atau lurus maupun secara kausalitas, sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh, padu, dan bulat dalam suatu prosa fiksi.
·         Tema :
adalah gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks sebagai stuktur semantis dan yang menyangkut persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan.
·         Penokohan :
adalah pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita
·         Latar  :
adalah penempatan waktu dan tempat beserta lingkungannya dalam prosa fiksi


Sumber :

http://shiori-lilian.blogspot.com




Nb: Lagi pengen nyemangatin diri aja :) dan masang yang bening-bening. Soalnya rindu makan sayur bening (nah loh!!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan jejak :)